Friday, April 26, 2013

REVIEW ALL NEW XENIA TIPE D STD (ALL NEW XENIA 1000 CC)



Kali ini saya akan mereview mobil All New Xenia Tipe D Std. Tipe ini merupakan tipe paling rendah dari keluarga All New Xenia (ANX), tapi walaupun paling rendah tipe ini tetap memiliki AC (Single blower), Power steering Elektrik & Power Window. Jadi jangan samakan ANX D std dengan Tipe Mi.

Jadi apa saja yang tidak ada?Tentu saja aksesoris lainnya. Menurut saya kekurangan yang paling terasa dari tipe ini adalah Mud Guard (penahan lumpur), Audio + speaker, lampu kabut  & talang air. Dengan budget 1,5jutaan aksesoris ini bisa ditambah sendiri. Aksesories lainnya menurut saya tidak terlalu berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

Lalu bagaimana dengan tenaganya? Tentu saja kalau anda sering mengendarai sedan 2000cc, pasti mobil ini terasa sangat lamban. Tapi kalau hanya membutuhkan transportasi & bisa memuat 5 orang, mobil ini layak untuk dibeli. Sampai saat ini saya baru mendapatkan Top Speed 85 km/jam di rpm 3000, setelah itu…ketemu lobang lagi. Berhubung saya tinggal di Lampung yang jalannya “harap maklum”. Speed segitu sudah sangat mencukupi untuk daerah Lampung.

Tenaga pada putaran rendah cukup enak dan membantu pada saat macet…Jangan bilang klo di Lampung tidak ada macet. Kalau tidak percaya silahkan lewat di daerah Tegineneng menjelang magrib. Macetnya dari simpang metro sampai Bandara Raden Inten. Jarak 4 km bisa ditempuh dengan waktu 3 jam. Tidak ada perubahan daya yang signifikan pada saat AC ON maupun OFF, membuatnya enak di pake macet2an…gak enaknya cuman kedinginan.

Interior dalamnya lumayan bagus, sekali lagi jangan dibandingkan dengan mobil 200 juta keatas. Untuk tipe ini interiornya hitam-hitam. Tipe lainnya interiornya dua warna, hitam-beige.Keheningan di dalam kabin agak berisik, walaupun masih bisa ditoleransi. Suara mesin terdengar di kabin. Kalau ada yang bilang mesin 3 cylinder suaranya kasar, seperti kurang tepat, karena sebelumnya saya memakai Chevy Spark yang juga 3 Cylinder. Mobil amrik ini malah sangat hening didalam kabin dan getarannya sangat halus. Bisa jadi peredam suara ANX ini kurang mumpuni.

Perpindahan gigi relative mudah dan halus, apalagi mobil ini dilengkapi rpm meter jadi kita bisa mengatur perpindahan gigi sesuai RPM. Disarankan untuk menjaga RPM dikisaran 2000 – 3000.

Untuk gambar ANX tipe D std silahkan lihat di wed Daihatsu saja, kalau tidak palingkan wajah anda ke jalanan, Tipe D Std banyak kok.


No comments: