Monday, March 14, 2011

Istilah - istilah diseputar Lampung

Tiga tahun lalu ada kejadian unik yang masih teringat sampai sekarang, sewaktu pertama kali masuk kerja di daerah lampung. Pada saat itu kami (3 orang) sedang merakit Cylinder head, setelah beberapa lama cylinder headnya siap untuk diangkat. Karyawan senior berbicara kepada saya,
"Din, cantolin talinya!" sambil menunjuk sling kain.
Otakku langsung berpikir keras, "CANTOLIN". Maksud bapak ini apa? Ada sekitar beberapa detik aku terbengong-bengong. Untung bapaknya memberi isyarat tangan. Akhirnya ngerti juga kalo maksudnya sling kain itu di pasangkan pada pengait crane.

Kejadian lainnya, waktu disuruh ngambil "batrei" di ruang tool. Pikir ku batrei yang dimaksud adalah battery yang biasa dipakai untuk radio atau flash light (senter). Setelah lama mencari di ruangan, tidak ada satupun battery yang kulihat. Setelah bapaknya memberi penjelasan baru ngerti klo "batrei" yang dimaksud adalah flash light (senter).

Seiring berjalannya waktu, ada beberapa istilah yang saya dapatkan, diantaranya :
1. Ayu, maksudnya kakak perempuan
2. Travel, kirain tempat jual tiket pesawat. Ternyata angkutan antar kota
3. Kresek, maksudnya kantung plastik
4. Buka plastik. Maksudnya beli baru
5. Orang kita. Maksudnya pribumi asli
6. 12. Klo tanya harga, penjualnya hanya ngasih angka didepannya. maksudnya Rp. 1.200.000,-
7. Demon. Maksudnya demonstrasi
8. Sepan. Maksudnya celana panjang
9. Kamorang. Maksudnya kalian
10. ......(akan diup date klo ingat)

Setiap daerah memang memiliki istilah yang berbeda-beda untuk menyebutkan sesuatu. Tidak ada masalah dengan hal tersebut dan tidak perlu dipermasalahkan, yang penting kita bisa beradaptasi dan menghormati adat istiadat orang lain. Seperti pepatah - dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.

No comments: