Sunday, December 12, 2010

Menyusun daftar spare part Overhaul Pembangkit Hidro

Menyusun spare part pembangkit hidro, pada prinsipnya sama dengan pembangkit diesel. Namun karena jumlahnya lebih sedikit dan relatif baru maka acuan yang digunakan tidak sebanyak diesel. Kebutuhan spare part overhaul pembangkit hydro disusun berdasarkan atas pekerjaan yang dilakukan. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan dalam menyusun spare part :
1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka gambar besar potongan dari generator sampai ke turbin.
2. Setelah itu urutkan dari atas (generator) part-part yang akan dibongkar.
3. Catat semua part yang akan rusak/cacat apabila diadakan pembongkaran.
4. Catat semua O-ring dan material non-logam yang ikut terangkat dalam pembongkaran.
5. Catat part-part yang bergerak. Part yang sering bergerak akan mengalami aus pada bagian bushing sehingga perlu diganti. Beberapa tipe bushing menggunakan self lubricating, sehingga hanya perlu mengganti self lubricatingnya saja.
6. Perhatikan hasil laporan Annual Inspection dan General Inspection apakah ada catatan khusus terutama pada bagian turbin yang mengalami korosi.
7. Karena jangka waktu overhaul relatif lama (8 tahun) maka baut kopling turbin dan generator ‘biasanya’ tidak perlu diganti.
8. Komparasi spare part yang ada digudang. Biasanya vendor meninggalkan 1 set spare part utama untuk satu kali overhaul.
Beberapa pembangkit hydro yang berumur tua sudah tidak memiliki lagi spare part dipasaran, tidak ada salahnya bila pengelolanya tersebut dapat membuat/memesan pada produsen lokal part-part yang obsolote.

No comments: