Thursday, September 02, 2010

First car: CHEVROLET SPARK

Di postingan kali ini saya akan membahas chevrolet spark (versi yadin) setelah memakai hampir 3 bulan.Setelah hampir 4 bulan mencari/berburu mobil City Car di Bandar Lampung, akhirnya tanggal 29 Juni 2010 saya mendapatkan barang yang cocok dikantong dan kebutuhan.
Awalnya saya tertarik dengan Cherry QQ karena harga dan modelnya yang keren, namun karena disini tidak ada dealernya maka saya urungkan niat.Kemudian hati sempat berpindah ke KIA Visto, Picanto dan Hyundai ATOZ karena disini juga tidak ada dealer resminya maka niat saya urungkan juga. Sempat ada niat untuk ambil di Mangga Dua, namun karena waktunya mepet (sabtu-minggu) akhirnya batal juga.

berburuVisto
Image and video hosting by TinyPic

Berburu Chevrolet spark di Lampung bukan perkara mudah, karena populasinya yang minim. Berkat kegigihan mencari via Radar Lampung dan mencari alamatnya via google map, saya akhirnya menemui pemiliknya untuk bertransaksi.
Setelah bertransaksi di Bank Mandiri, akhirnya Spark Biru dibawa pulang dan langsung di inapkan di garasi rumah. Belum sampai sehari akinya jadi tekor, ternyata setelah dibawa ke rumah tuas lampu serinya lupa di off-kan. Jadi lampu besar, lampu seri dan AC tidak otomatis mati walaupun kuncinya sudah dicabut. Dasar katrok
Seminggu di rumah,mobil langsung di masukkan ke Bengkel Resmi untuk pengecekan keseluruhan dan ganti oli. Ada beberapa item yang diganti diantaranya filter udara, filter oli, oli mesin dan oli gardan. Sedangkan part yang dibersihkan diantaranya distributor, busi, filter bensin. Setelah service yang menghabiskan dana Rp 800ribuan, tampaknya ada perubahan pada suara mesin. Mesin spark biru menjadi lebih halus, bahkan nyaris tak terdengar bila dikeramaian. Kadang-kadang saya tidak tahu kalau mesinya mati dijalan karena tidak ada perbedaan saat mesin langsam atau mati.
SERVICE PERTAMA DI BENGKEL RESMI
Sebenarnya belum saatnya ganti oli karena baru dipakai 1000an km, namun karena oli yang dipakai kayaknya kurang populer dan banyak komentar miring di forum-forum otomotif akhirnya saya minta ganti.

Oli gardan dan mesin
Image and video hosting by TinyPic

Ganti oli mesin
Image and video hosting by TinyPic

Karena ini mobil pertama, saya belum bisa membandingkan dengan mobil lainnya. Namun secara keseluruhan puas memakai mobil ini, selain irit mobil ini juga terkesan ekslusif karena populasinya yang minim di kota ini. Sang pemilik lama masih memakai Chevrolet Spark tapi keluaran yang terbaru.

Mobil ini lebih banyak dipakai malam minggu, karena kantor dan rumah sebelah-sebelahan. Rencananya habis lebaran ini mau dibawa ke Bandung, sekalian uji nyali di tol. Mudah-mudahan tidak nyasar.

Image and video hosting by TinyPic

1 comment:

Six Ballax said...

Ikut seneng buat kang Yadin, hidup bertemankan spark sepertinya memberi nilai tambah buat saya sorangan mah kang, teuing naon. Serasa ada kekosongan hidup yang terisi, mungkin karena buatan amrik hehhee...