Sunday, January 13, 2008

Memasang TurboCharger


Memasang Turbo merupakan hal yang rutin dilakukan pada perusahaan yg memiliki pembangkit diesel.Biasanya dilakukan karena telah memasuki masa Overhaul ataupun kinerjanya yg menurun. Pada pemasangan turbo dikenal istilah K1 dan K2 ,orang pemeliharaan pasti tau :)Namun yang sering menjadi kendala setelah pemasangan turbin yang baru adalah mencari nilai ini.Kalau gegabah, seharian didepan turbo juga gak bakal dapet nilainya. Adapun langkah langkah pemasangan turbo yg benar (kalo salah mohon dikoreksi) adalah sbb :
1. Setelah turbin terpasang, pasang casing.
2. Pasang bearing, tentukan K1 dan K2-nya
3. Pasang pompa dan rumahnya
4. tutup casing pompa (sisi turbin dan compressor)
Eitt..jangan lupa pelumasnya, Oli turbo.
Dari pengalaman, menentukan K1 dan K2 bisa menghabiskan waktu bila prosedur pemasangan baut casing tidak dilakukan dengan baik. Ada baiknya sebelum memasang bearing, baut yang mengikat casing diperiksa kekencangannya.Hal ini memang sepele namun dapat berakibat besar pada nilai K1 dan K2. Semoga bermanfaat.

No comments: